Notes From 20th World Petroleum Congress

Qatar merupakan Negara dengan luas yang kecil dibanding Negara-negara timur tengah lainnya. Hal ini nampak dari populasi Qatar yang tidak begitu besar. Jumlah penduduk Qatar sampai 30 November 2011 tercatat 1,723,018 (www.qsa.gov.qa). Dengan luas dan jumlah penduduk Qatar yang tidak begitu besar tak menciutkan cita-cita Qatar untuk semakin dikenal dikancah dunia internasional.

Tiga tahun saya bekerja dan tinggal di Qatar, masih segar dalam ingatan bahwa Qatar sering menjadi tuan rumah event-event besar. Baik tingkat benua maupun tingkat dunia. Bagi penggemar tenis, Qatar menyuguhkan pertandingan internasional seperti WTA dan ATP Tour. Bagi penggemar balapan, Qatar menjadi tuan rumah putaran pertama MOTOGP tiap tahunnya, yaitu tiap Maret atau April. Dan masih banyak lagi event-event besar seperti kongres, debat, symposium, seminar, atletik, basketball, volleyball, football dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Satu event besar yang sedang digelar minggu ini adalah kongres perminyakan dunia yang ke-20 atau 20th World Petroleum Congress. Menurut website resmi (www.20wpc.com), kongres ini merupakan kongres resmi yang digelar tiap 3 tahun. Kongres yang layaknya “olimpiade dibidang industri perminyakan dan gas” digelar pertama kali pada tahun 1933. Kongres kali ini mengusung tema “Energy Solutions For All: Promoting Cooperation, Innovation and Investment“.

Qatar patut berbangga karena Qatar menjadi tuan rumah kongres perminyakan dan gas untuk pertama kalinya di wilayah timur tengah. Kabarnya ini merupakan kongres terbesar sepanjang sejarah dari kongres yang serupa.

Qatar petroleum sebagai perusahaan minyak dan gas milik pemerintah Qatar, menjadi host atau tuan rumah kongres ini. Kongres berlangsung selama 5 hari yang dimulai sejak 4 Desember dan berakhir besok pagi, 8 Desember 2011. Bertempat di sebuah gedung baru berarsitektur jepang yang nampak sangat megah dan mewah, Qatar National Convention Center [QNCC] namanya. Sejumlah 4000 delegasi, 600 media masa dan 550 reporter akan berpartisipasi dalam kongres dan pameran atau exhibition.

Sore tadi sepulang kerja, saya langsung berkemas mengenakan baju batik, celana jeans dan sepatu sport. Bermodal janji dengan tetangga rumah susun [rusun], kami langsung meluncur menuju QNCC. Ditengah perjalanan menuju kota Doha, azan ashar berkumandang. Sekitar 40-an menit kami pun sampai di Shahaniya dan kami segera mengambil wudhu dan shalat ashar di sebuah masjid dekat dengan petrol station.

Selepas ashar, tak menunggu lama Honda civic yang kami tumpangi langsung melesat dengan kecepatan maksimum menuju venue 20WPC.

Kondisi lalu lintas sore tadi tak begitu macet. Selepas 2 roundabout [bundaran] Bani Hajer, civic warna krem pun berbalik arah mengikuti sebuah mobil sedan yang nampak masuk ke Entrance Gate tepat di depan Al Sidra Building [nama lain QNCC]. Tapi kami diarahkan oleh seorang security agar menuju ke sebuah gedung yang tampak seperti rangka-rangka besi. Ya! itu adalah gedung tempat parkir kendaraan para delegasi [delegate] dan pengunjung [visitor]. Berputar tak begitu lama, akhirnya kami pun mendapatkan tempat parkir di lantai dua dengan nomor parkir F28.

Berjalan menuruni tangga berjalan [escalator], kami menuju pintu keluar dan tak berselang lama kami menumpang sebuah kereta jalan raya [road trains] dengan merk Tschu Tschu. Kereta bercat krem ini, berkapasitas 2 gerbong dengan total penumpang 33 orang termasuk masinisnya. Hanya 2 menit akhirnya kami pun sampai di depan pintu utama ruang pameran.

Setelah melalui pemeriksaan xray, kami pun segera meluncur dengan menuju pintu registrasi nomor 3 seperti diarahkan oleh security yang berjaga sore itu. Tak lebih dari 10 menit, 3 kartu visitor pun jadi. Tak menunggu lama, kami pun segera menuju sebuah ruangan yang besar yang berisi stand-stand pameran dari berbagai Negara di seluruh belahan bumi. Nampak berjajar stand-stand perusahaan besar yang sudah biasa terdengar di telinga seperti Qatar Petroleum, Qapco, Qatar Gas, RasGas, Tasweeq, ExxonMobil, Chevron, Conocco Philips, BP, Total, Saudi Aramco, Maersk Oil, Oryx GTL, OXY, ROSNEFT, SASOL, ECOPETROL, Shell dan masih banyak lainnya.

Kami menjadi merasa bangga ketika perusahaan minyak nasional PERTAMINA juga hadir di kongres dan pameran di Qatar. Yang menjadi semakin menarik di stand milik PERTAMINA adalah pakaian delegasinya menggunakan pakaian Batik. Pakaian yang sangat bagus dan merupakan warisan budaya dunia yang diakui UNESCO. Disamping itu ada pajangan alat musik tradisional dari bamboo yaitu Angklung. Menurut temen saya yang turut berjaga disana, tadi siang baru ada pertunjukkan musik dan tarian di stand PERTAMINA. Setelah kami keliling semua stand, ternyata hanya stand milik Indonesia lah yang menyuguhkan kesenian. Luar Biasa! Hidup Indonesia! Memang Indonesia selalu kreatif dan inovatif!

Jika saya di Indonesia, mungkin saya hanya bermimpi bisa mengunjungi event besar semacam ini. Tapi Alhamdulillah karena saya di Qatar, saya bisa dan sering menyaksikan event-event bertaraf benua dan dunia. 3 tahun saya disini, saya sudah bisa menikmati secara langsung pertandingan Tenis WTA/ATP Tour, nonton Brazil VS England, nonton Piala Asia 2011, nonton MotoGP, mengikuti kursus-kursus berstandar internasional dan barusan menyaksikan Pameran Internasional dalam rangka Kongres Perminyakan dan Gas tingkat Dunia yang ke-20.

Ehh sampai lupa, kami pun tak lupa menyempatkan jeprat jepret sana sini. Sambil nampang dan bergaya seadanya layaknya ayam yang baru keluar dari kandangnya. Bebas Berekspresi! Ha ha ha….

Diambil dari blog:Sugeng Riyadi -Bralink-

 

Dukhan, 7 Desember 2011

Sugeng Riyadi [Bralink]

riyadi.sugeng@gmail.com

Referensi:

http://www.20wpc.com

http://www.qsa.gov.qa

http://www.qp.com.qa

About these ads

About Indonesian Family Forum-Dukhan

Komunitas Masyarakat Indonesia di Dukhan, State of Qatar
Gallery | This entry was posted in Seputar Qatar and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s