Tips Memperpanjang KTKLN

KTKLN

Bagi anda yang berprofesi sebagai tenaga kerja luar negeri atau TKI khususnya TKI Mandiri, kepemilikan KTKLN juga merupakan sesuatu yang wajib dipunyai.

Hari ini KTKLN saya sudah memasuki masa kedaluarsa setelah melewati masa 2 tahun. Termasuk asuransinya pun kedaluarsa.

Tertulis besar sekali di dinding kantor BP3TKI cilacap bahwa KTKLN cuti GRATIS. Akan tetapi sebenarnya gak bener bener gratis.

Lho emang kenapa kok ga gratis. Ya karena kita mesti membayar kembali asuransi selama 2 tahun kedepan. Walaupun saya sudah jelasin bahwa perusahaan sudah memberikan asuransi jiwa, tapi tetep saja saya harus membayar asuransi proteksi TKI untuk masa 2 tahun sebesar 290 ribu rupiah. Kalau yang mau setahun cukup membayar 170 ribu rupiah. Resikonya yang memperbarui lagi KTKLN nya setahun kemudian.

Berikut syarat syarat yang harus dilengkapi dalam pemrosesan perpanjangan KTKLN cuti:

1. Copy paspor yang meliputi halaman depan, halaman keberangkatan cuti, halaman kedatangan di Soekarno Hatta Airport, halaman lapor diri KBRI, halaman ID Card.

2. Copy ID card negara tujuan

3. Copy KTP

4. Copy kontrak kerja

5. Copy exit permit, sbg pengganti salah satu persyaratan yaitu Surat Cuti

6. Membayar asuransi proteksi 290 ribu rupiah dan mengisi formulir yang disediakan pihak asuransi

7. Mengisi formulir 2 lembar yang disediakan oleh BP3TKI, ditandatangani dan dibubuhi meterai 6000 rupiah/beli sendiri.

Habis melengkapi semua dokumen diatas tinggal menunggu foto KTKLN di kantor BP3TKI setempat dan menunggu printing KTKLN paling lama 10 menit.

Semoga yang singkat ini bisa bermanfaat bagi yang akan memperpanjang KTKLN.

Cilacap, 20 Maret 2012

Sugeng Bralink

About these ads

About Indonesian Family Forum-Dukhan

Komunitas Masyarakat Indonesia di Dukhan, State of Qatar
Gallery | This entry was posted in Seputar Qatar and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Tips Memperpanjang KTKLN

  1. Tq u infonya.
    Klo perpanjang ktkln di bandara bisa tidak.. ? Selagi kita masih di bndara n baru dtng dari luar negeri?

  2. Muhammad….Setahu saya pembuatan di bandara itu untuk kartu baru. untuk perpanjangan di kantor BP3TKI di masing2 wilayah.

  3. zee says:

    assalamualaikum…saya mau tanya…perlukah foto untuk membuat KTKLN

  4. Fotonya nanti di kantor BP3TKI saat pengurusan. Foto komputer.

  5. alsyaifkhan says:

    Sy tki saudi..ktkln sy tggl 3bln lg. Sy mau cuti 6 bln.
    Apakh mmprbhrui ktkln d kbri riyad dmntai prsyaratan lg?
    Soale sy dl bikin ktkln d bnp2tki.

  6. Umiatunazizah says:

    Klo ktp ga puya gmna,,,?
    Tp sarat yg lain kumplit bisa di trima ngga,,?

  7. kastini says:

    assalamualaikum… trima kasih byk atas infonya yg sgt bermanfaat,kebetulan saya dr cilacap dan sekarang tgl di canada.bulan depan tepatnya tgl 22 juli 2014 saya akn cuti ke negara tercinta dan rencananya mau perpanjg KTKLN bolekah nanya alamat kantornya dicilacap? trima kasih
    dan satu hal lagi ktkln SAYA MASA BERLAKUNYA tgl 20 juli 2014 jd telat bbrapa hari, apakah tdk masalah? mhon penjelasannya trimakasih

  8. ilyas says:

    bermanfaat untuk kepentingan sendiri.
    Saya terus terang tidak suka cara seperti ini.
    Katanya gratis bikin kartu KTKLN tapi persyaratanya seperti itu sama saja bohong..
    Ternyata semua petugas masih sama seperti dulu.
    Serakah akan duit para TKI.
    ternyata seperti ini indonesia,negara paling buruk.

  9. subur says:

    gimana kl saya orang aceh pulang cuti ke semarang mau perpanjangan ktln

  10. Maaf telat….jangan khawatir, KTKLN sesuai instruksi presiden dihapus!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s