Cara Membuat Filter di Email Yahoo!

Oleh Imadewira [diedit oleh Sugeng Bralink]

Kali ini saya akan mencoba membuat tutorial sederhana tentang bagaimana cara membuat filter di email Yahoo!. Filter di email Yahoo! ini sangat bermanfaat untuk memilah atau memisahkan email yang masuk ke Inbox anda. Contohnya email notifikasi dari Facebook yang jumlahnya cukup banyak, tanpa dipisahkan dengan menggunakan filter ini maka email tersebut akan tercampur dalam Inbox anda.

Begitu juga misalnya email dari milis, apalagi jika kita mengikuti milis lebih dari satu dan milis itu cukup ramai. Maka tanpa ada pemisahan dengan filter ini, email akan tercampur dan semakin malas untuk membuka email yang jumlah ratusan atau ribuan mungkin.

Dengan menggunakan fasilitas filter yang tersedia bagi anda pengguna Yahoo! Mail maka email tertentu dapat dipisahkan pada folder-folder tertentu yang sudah kita siapkan sebelumnya. Bagi anda yang belum tahu cara membuat filter di Email Yahoo! anda, silahkan coba ikuti tutorial berikut ini.

Pertama silahkan masuk ke email Yahoo! anda. Kemudian bagian kanan atas klik menu Options lalu pilih More Options.

Anda akan masuk ke halaman option. Terdapat beberapa menu di sebelah kiri, silahkan klik menu Filters, kemudian klik Add Filter untuk membuat filter baru.

Kemudian sebagai contoh kita akan membuat filter untuk memisahkan email notifikasi dari Facebook yang akan disimpan pada folder khusus di email Yahoo! anda. Isikan Filter Name dengan “Facebook” (tanpa tanda petik), kemudian isikanSender dengan “Facebook” (tanpa tanda petik), artinya email akan dipisahkan jika pengirimnya adalah Facebook. Selanjutnya pilihan Move to Folder pilih [New Folder]. Jika sudah klik tombol Save Changes di bagian atas.

Bisa juga Sender –nya diisi dengan alamat email yang akan kita filter, misalnya bocah_dukhan@yahoogroups.com, kemudian kita masukkan ke Move to Folder pilih [New Folder]…kemudian rename foldernya…pilih OK, Save Changes.

Sebelum filter tersimpan akan ada pertanyaan untuk nama folder yang akan digunakan untuk memisahkan email sesuai filter. Isikan nama folder, misalnya “Email Facebook” lalu klik OK.

Anda telah berhasil membuat filter baru, untuk melihat hasilnya silahkan kembali ke halaman email anda dengan mengklik tombol Back to Mail.

Perhatikan di menu sebelah kiri, anda akan melihat folder baru sesuai dengan nama folder yang anda buat tadi, misalnya Email Facebook. Selanjutnya jika anda menerima email notifikasi dari Facebook maka secara otomatis akan di pindah ke folder tersebut.

Selain membuat filter untuk email notifikasi dari Facebook, filter di email Yahoo! ini tentu saja dapat dimanfaatkan untuk email lainnya, misalnya email dari milis, email notifikasi dari blog ketika ada komentar baru, dan lain-lain. Jika sekali sudah berhasil membuat filter ini, saya yakin anda bisa membuat untuk yang lainnya.

Bisa juga dengan langkah begini:

1. Buat nama Folder nya

2. Klik More Options

3. Klik Filter

4. Klik Add Filter

5. Isi/Beri Nama Filter nya

6. Isi Sender nya dengan alamat email yang akan difilter

7. Pilih Folderyang telah kita buat tadi

8. Klik OK

9. Klik Save Changes

Jadi Dech! Selamat Mencoba!

Dukhan, 7 September 2011

About Paguyuban Keluarga Dukhan

Komunitas Masyarakat Indonesia di Dukhan - Qatar
Gallery | This entry was posted in Seputar Qatar. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s