Apa Kata Mereka Tentang KTKLN?

KTKLN, ini merupakan satu kartu yang wajib dimiliki bagi tenaga kerja indonesia (TKI) yang bekerja di Luar Negeri baik yang non skilled maupun yang full skilled, non professional maupun yang super professional.

Ditengah maraknya diskusi dan tarik ulur antara perlu tidaknya KTKLN, berikut ini ada cerita dan saran-saran dari rekan-rekan yang berpengalaman langsung. Ada banyak cerita dan pendapat, keputusan mau membuat KTKLN atau tidak, itu terserah anda. Semoga info ini bermanfaat.

Cerita 1:
Sekedar info, KTKLN sekarang menjadi syarat mutlak orang2 yang bekerja di luar negeri bahkan ketika saya protes ke kantor imigrasinya mereka mengatakan mereka kena sangsi gara2 meloloskan orang tanpa KTKLN, dan katanya lagi bahwa Sri Mulyani pun wajib memiliki KTKLN.
Pembuatannya mudah kok, semuanya ada di bandara cukup bawa tiket ama passport. Ada dua loket di bandara 
1. Loket pembuatan kartu KTKLN 
2. Loket pembayaran asuransi kira2 rp.290.000. Soal asuransi tidak memaksa, bagi yang ingin buat silahkan dan bagi yang tidak pun tidak apa2. Bagi yang tidak buat asuransi cukup antri langsung dilokasi pembuatan kartu.
Oh ya satu lagi , sebagian perusahaan termasuk Qatar Airways , langsung menanyakan KTKLN dan meminta kita membutnya dulu.
Jadi untuk yang mau berangkat ke luar negeri( bekerja) disarankan datang lebih awal. 
Bagi yang sebelumnya lolos tanpa KTKLN, saya juga punya pengalaman yang sama april 2011. So jangan jadikan patokan.
Untuk yang dah punya kartu jangan kaget gak ditanya karena sudah ada disistem Saat di scan.
Keharusan yang sangat2 wajib ini baru terjadi seminggu ini. Makanya dlm seminggu ini banyak penumpang yang di cancel gara2 telat tapi tiket penerbangan gak angus dan pihak penerbangan akan langsung membooking tiket penerbangan berikutnya.
Cerita 2:
Ini hanya sekedar informasi buat temen temen semua  masalah KTKLN .Saya baru saja pulang dari Jakarta tanggal 05-09-2011 waktu saya check in ditanya maslah KTKLN dan saya jawab punya tapi begitu sampai di IMIGRASI petugas IMIGRASINYA TIDAK MENANYAKAN SAMA SEKALI TENTANG KTKLN , saking kurang puasnya saya karena saya sudah punya kartu KTKLN langsung tanya ke supervisor imrigasi masalah KTKLN jawaban mereka untuk pekerja FORMAL TIDAK PERLU KTKLN .boleh percaya boleh tidak tapi kalau bapak bapak mau bikin KTKLN mongo kerso ngak masalah buatnya juga gampang cepet dan ngak pakai bayaran alias GRATIS 
Cerita 3:
ADA BANYAK PENUMPANG YANG DI OFFLOAD KEMARIN TANGGAL 6 SEPT.2011 KARENA TIDAK PUNYA WAKTU YANG CUKUP UNTUK MEMBUAT KTKLN.
JADI SEBAIKNYA TEMAN2 YANG MAU BERANGKAT KEMBALI BEKERJA KELUAR NEGERI SETELAH MASA CUTI SELESAI DATANG LEBIH AWAL UNTUK MEMBUAT KTKLN DI BANDARA SOEKARNO HATTA ATAU MEMBUATNYA DI KOTA TERDEKAT SAUDARA2 TINGGAL.
SEMOGA INFOMASI INI BERGUNA UNTUK KITA SEMUA.
Cerita 4:
Mengenai pengurusan KTKLN sangat mudah dan gratis, ini pengalaman saya pribadi pas cuti kemarin bulan Juni 2011.
Mengurusnya tidak lebih dari 4 menit, langsung di photo disana. pengurusannya di kantor KTKLN di bandara sukarno hatta jakarta, di samping pintu keluar International, tanya sama security, yg diperlukan hanya KTP asli dan passport asli, mereka akan memphoto kita secara langsung. tidak ada mereka minta uang dll. Saya puas atas pelyanan petugas KTKLN disana.
Cerita 5:
Untuk melengkapi informasi tentang KTKLN, beberapa informasi yang bisa saya peroleh dan pengalaman pribadi minggu ini dalam mengurus KTKLN.
Dengan niat untuk mengurus KTKLN dan mencari pengalaman bersentuhan dengan birokrasi Negeri Tercinta Indonesia.
1.  Di Wilayah Jakarta dan sekitarnya KTKLN bisa di urus BNP3TKI di Ciracas Jln Penganten Ali no 71. Dan Juga bisa di Urus di Bandara Sokarno Hata di Lantai bawah (kedatangan di area Terminal 2 D.
2. Tidak semua orang memiliki pengalaman yang sama dalam pengurusan KTKLN, kalau rezekinnya lagi lancar cuma kurang dari 10 menit di Bandara. Tapi ada juga yang 4 jam. tergantung waktunya kalo pas lagi ngga ada yg ngurus ya cepet. Tapi kalo pas lagi banyak ya antri. ada juga yang sampai di tinggal / delay.
3. Di bandara hanya melayani yang punya tiket penerbangan hari itu saja (informasi dari staff KTKLN Bp.Denny dan Bp.Rada), yang masih punya jeda sehari atau lebih akan di sarankan untuk mengurus ke Ciracas.
4.Mengurus KTKLN Di Ciracas Luar biasa, menguji kesabaran, saya kemaren bisa sholat  Dhuhur,Ashar Magrib di BNP3TKI alias nasib 6 Jam baru bisa kelar. Setiap hari staff BNP3TKI di ciracas kerja lembur terus sampai jam 10 malam .(sistem selesai 1 hari), rame cekali TKI/TKW…yang perorangan kegusur sama PJTKI
5. KTKLN sudah menjadi keharusan / wajib bagi WNI yang akan Exit dari Indoensia sebagai TKI, waktu check in petugas maskapai..pasti akan menayakan KTKLN dan kalo belum akan di suruh untuk mengurus terlebih dahulu. Kalo sudah memiliki KTKLN setiap embarkasi/exit/keberangkatan harus validasi KTKLN di counter KTKLN Bandara Suta (sebelum stamp imigarasi). Di passpor akan di stamp KTKLN oleh petugas KTKLN.
6. Untuk mempercepat waktu  pengurusan di sarankan untuk mengisi data2 secara online, nanti akan mendapat no registrasi, no registrasi tersebut di bawa ke kantor KTKLN ketika akan mengurusnya. Insya Allah  akan lebih cepet.
Begitu sedikit  info mengenai pengurusna KTKLN di Jakarta.
Cerita 6:
Sedikit share! 29 Juli 2011
Sebelum berangkat ke LN buat KTKLN di Surabaya
ternyata yg untuk buat KTKLN ada yg rela bermalam di kantor BNP2TKI,dgn proses yg berbelit belit!harus bayar asuransi proteksi TKI Rp 400.000 dan transfer uang sebesar $15 ke rek BRI kas negara,dan untuk transfer di daerah Surabaya ga ada di kantor BNP2TKI jadi harus ke kantor cab BRI yg berjarak sekitar 20 mnit perjalanan!
Saya menunggu untuk foto antri mulai jam 2 siang sampe jam 7 malam bru dapat di foto!banyak d salib oleh 
PJTKI dan lagi sarana foto di sana cuma ada 2 buah wkt itu (ga tau sekarang),KTKLN saya baru jadi  jam setngah 9 malam!!!
Datang di BNP2TKI jam 10 siang sampe jam setengah 9 malam baru selesai..!!!!
Semoga  kalo pun di tetap kan pembuatan KTKLN tolong pelayanannya di perbaiki..!!!
Cerita 7:
28 Juli 2011
sekedar sharing saja,waktu saya bikin di Serang akhir juni lalu persyaratanya sbb :
– Fotocopy Pasport ( semua yg ada stampelnya difotocopy termasuk RP)
-Mengisi formulir
-membuat surat pengajuan KTKLN yg ditujukan ke kepala BNP2TKI setempat ditulis tangan.dan tanda tgn diatas materai.
-Siapkan materai 6000, 2 buah.
-MAP warna merah yg ada klipnya.
-Kontrak kerja ga perlu karena waktu kita menulis pengajuan KTKLN jgn dicantumkan.dan jg kita bukan TKI yg baru mau berangkat.
-Membayar asuransi…
Kalau KTKLN nya Gratis..saya jg Print out surat edaran yg dari Kepala BNP2TKI Pusat, sekedar sharing saja.dan abaikan saja jika tidak berkenan.
Demikian beberapa cerita tentang KTKLN. Akan kami tambahkan cerita-cerita lainnya menyusul. Semoga Bermanfaat!
10 September 2011

About Paguyuban Keluarga Dukhan

Komunitas Masyarakat Indonesia di Dukhan - Qatar
Gallery | This entry was posted in Seputar Qatar. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s