SHOLAT SUNAH ROWATIB,FADHILAH DAN PENJELASANNYA (Bag 1)

Oleh: Muchammad Fuady
Sholat sunah rowatib adalah sholat sunah yang bergandengan dengan sholat fardhu,sebelum atau sesudahnya.Di mana Baginda kita Rosulullah SAW sangat memperhatikannya.Mudah2an kita sebagai pecinta Rosulullah SAW mampu mengikutinya dan menjaga sholat2 sunah,baik rowatib maupun sholat sunah lainnya,lebih2 menjaga sholat fardhu dengan berjama’ah.Berikut adalah dalil-dalil tentang sholat2 sunah tersebut.

 

1-Dari Ummul Mukminin Ummu Habibah RA (Hindun menurut riwayat lain Romlah) Binti Abi Sofyan berkata:”Aku mendengar Rosulullah SAW dawuh:

“ما من عبد مسلم يصلي لله تعالي كل يوم ثنتي عشرة ركعة تطوعا غير فريضة إلا بنى الله له بيتا فى الجنة أو إلا بني له بيت فى الجنة”.

Artinya:”Siapapun seorang muslim yang mendirikan sholat sunah 12 rokaat tiap hari karena Allah Ta’alaa,melainkan Allah bangunkan sebuah rumah baginya dalam surga atau di bangunkan rumah baginya dalam surga”.(HR Muslim 728).

Hadits di atas bersifat umum mencakup seluruh sholat2 sunah,baik rowatib,dhuha,tahajjud dan lainnya.

 

2- Dari Jabir Bin Abdillah RA berkata:”Rosulullah SAW dawuh:”إذا قضى أحدكم الصلاة فى مسجده فليجعل لبيته نصيبا من صلاته فإن الله جاعل فى بيته من صلاته خيرا”.

Artinya:”Jika diantara kalian telah usai mendirikan sholat di masjid,maka jangan lupakan untuk sholat di rumah,karena Allah akan menjadikan kebaikann bagi rumah tersebut yang di dalamnya sering di buat sholat”.(HR Muslim juz 2 hal 187,Al baihaqi dalam Assunan Al Kubro juz 2 hal 189).

Hadits ini menjelaskan tentang kebaikan rumah yang didalamnya sering di buat sholat.Menurut sebagian ulama,kebaikan itu bisa dalam berbagai bentuk,kebaikan rumah tangga,keamanan rumah dan banyak mendatangkan keberkahan.

 

3-Dari Abu Musa Al Asy’ary RA,dari Nabi SAW dawuh:”مثل البيت الذي يذكر الله فيه والبيت الدي لا يذكر الله فيه مثل احي والميت”.

Artinya:”Perumpamaan rumah yang di dalamnya sering dubuat dzikrullah dan rumah yang tidak pernah di buat untuk dzikrullah,maka seperti orang hidup dan mati”.(HR Bukhori,Shohih Ibnu Hibban juz 3 hal 135,Assuyuthi dalam Al Jami’ushshoghir juz 2 hal 528).

Hadits di atas ini lebih umum lagi sifatnya bahwa yang di maksud dzikrullah bukan hanya sholat,melainkan juga mencakup yang lain,seperti membaca Alqur’an,tahlil,tasbih,tahmid,sholawat dan sejenisnya.

 

4-Dari Ibnu Umar RA berkata:”صليت مع رسول الله صلى الله عليه وسلم ركعتين قبل الظهر وركعتين بعدها

Artinya:”Aku sholat bersama Rosulullah SAW 2 rokaat sebelum dzuhur dan 2 rokaat setelahnya”.(HR Bukhori 1165 dan Muslim 729).

 

5-Dari Aisyah RA:”أن النبي صلى الله عليه وسلم كان لا يدع أربعا قبل الظهر وركعتين قبل صلاة الغداة”.

Artinya:”Bahwa Nabi SAW tidak pernah meninggalkan 4 rokaat sebelum dzuhur dan 2 rokaat sebelum subuh”.(HR Bukhori 1182).

Dalam hadits no 4 dan 5,antara riwayat dari Ibnu Umar RA dan Aisyah RA ada perbedaan jumlah rokaat sebelum dzuhur,yakni 2 dan 4 rokaat.Oleh para fuqoha di simpulkan bahwa Nabi SAW apabila sholat di rumah sebelum dzuhur 4 rokaat,jika di masjid 2 rokaat,sebagaimana apa yang di saksikan sendiri oleh masing2 perowinya yaitu Aisyah RA dan Ibnu Umar RA,dengan kata lain bahwa Aisyah RA melihat Nabi SAW melaksanakan 4 rokaat sebelum Beliau SAW pergi ke masjid,sedangkan Ibnu Umar melihat Nabi SAW sholat 2 rokaat sebelum dzuhur di masjid.Mereka berdua hanya menukil apa yang mereka saksikan,jadi kedua hadits shohih menurut Bukhori dan Muslim tersebut tidaklah bertentangan.

 

6-Dari Ibnu Umar RA Bahwa Rosulullah SAW sholat sebelum dzuhur 2 rokaat,setelah dzuhur 2 rokaat,setelah maghrib di rumahnya 2 rokaat,setelah sholat isya 2 rokaat dan tidak sholat setelah jum’at kecuali sholat di rumahnya 2 rokaat”.(HR Bukhori no 937).

 

7-Dari Aisyah RA:”كان صلى الله عليه وسلم يصلى فى بيته قبل الظهر أربعا ثم يخرج فيصلى بالناس ثم يدخل فيصلى ركعتين وكان يصلى بالناس المغرب ثم يدخل فيصلى ركعتين  ثم يصلى بالناس العشاء ويدخل بيتى فيصلى ركعتين,الحديث,وفى أخره:وكان إذا طلع الفجر صلى ركعتين.

Artinya:”Bahwa Rosulullah SAW sholat di rumahnya sebelum dzuhur 4 rokaat lalu keluar dan sholat di masjid bersama para sahabat,kemudian pulang dan masuk rumah sholat lagi 2 rokaat,kemudian pada saat maghrib Nabi SAW sholat bersama para sahabat di masjid,lalu pulang dan sholat 2 rokaat di rumah,setelah itu Nabi SAW keluar untuk sholat isya bersama para sahabat,terus pulang kerumahku dan sholat di rumah 2 rokaat:Al hadits.dan di akhir hadits:Nabi SAW sholat 2 rokaat ebelum sholat subuh”.(HR Muslim 105,Misykat Al Mashobih 1162,Ithaf Assadat Al Muttaqin 3/340 dan 5/145 dan dalam tafsir Al Qurthuby 8/372).Berarti melihat hadits ini jumlahnya ada 12 rokaat.

 

8-Dari Ummu Habibah RA,Nabi SAW dawuh:”من حافظ على أربع ركعات قبل الظهر وأربع بعدها حرمه الله على النار”.

Artinya:”Barang siapa yang senantiasa menjaga 4 rokaat sebelum dzuhur dan 4 rokaat setelahnya,maka Allah haramkan ia dari neraka”.(HR Abu Dawud 1269,Annasa’i juz 3 hal 265,Ibnu Khuzaimah juz 2 hal 205 dan At Tirmidzi 427,428).Menurut Attirmidzi hadits ini hasan shohih.

 

9-Dari Abdullah Bin Sa’ib RA:”أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصلى أربعا بعد أن تزول الشمس قبل الظهر,وقال:إنها ساعة تفتح فيها أبواب السماء,فأحب أن يصعد لى فيها عمل صالح”.

Artinya:”Bahwa Rosulullah SAW sholat 4 rokaat setelah tergelincirnya matahari sebelum dzuhur (sebelum sholat dzuhur) dan dawuh:Sesungguihnya saat ini adalah di bukanya pintu-pintu langit dan aku sangat menyukai ketika amal sholih itu diangkat”.(HR At Tirmidzi 478).Menurut beliau hadits ini Hasan.Menurut sebagian ulama bahwa dalam hadits ini 4 rokaat setelah tergelincirnya matahari tersebut bukan sunah qobliyyah dzuhur tetapi sholat sunnah zawal.Dalam kitab “Fathul Ilaah” para ulama kita (Asysyafi’iyyah) berpendapat di sunahkan sholat 4 rokaat setelah zawal/tergelincirnya matahari,minimal 2 rokaat.Namun sebagian lainnya berpendapat bahwa 4 rokaat tersebut adalah qobliyyah dzuhur,karena tergelincirnya matahari adalah tanda telah masuknya waktu dzuhur,sedangkan kalimat “Qobladzdzuhri” dalam hadits di atas maksudnya adalah sebelum sholat fardhu dzuhur.Wallohu A’lam.

Abdullah Bin Sa’ib RA ini nama sebenarnya adalah Shoifi Bin ‘Aidz Bin Abdullah Bin ‘Amr Bin Makhzum,gelarnya adalah Abu Abdirrohman Al Makhzumi salah seorang sahabat ahli qiro’ah Makkah.Mendapat riwayat hadits dari Rosulullah SAW sebanyak 7 hadits,salah satunya di riwayatkan Imam Muslim dalam shohihnya.keterangan ini diambil dari “Mukhtashor At Talqih karya Ibnu Al Jauzy.

 

10-Dari ‘Aisyah RA:”أن النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا لم يصلى أربعا قبل الظهر صلاهن بعدها”.

Artinya:”Bahwa Rosulullah SAW jika tidak sempat sholat 4 rokaat sebelum dzuhur,maka beliau sholat 4 rokaat tersebut setelah dzuhur”.(HR At Tirmidzi 426).Menurut beliau hadits ini Hasan.

Melihat hadits ini bahwa 4 rokaat setelah dzuhur seakan-akan adalah qodho,karena Rosulullah tidak sempat melaksanakan sebelumnya.Namun dalam Hadits Ummu Habibah RA no 8 di atas bahwa Nabi SAW bahwa kita di tekankan agar menjaga 4 rokaat sebelum dan setelah dzuhur.Oleh karena itu para Ulama Asysyafi’iyyah menetapkan keutamaan jumlah rokaat rowatib/qobliyyah dan ba’diyyah dzuhur,masing-masing adalah 4 rokaat.

Keutamaan 4 rokaat sebelum dzuhur juga terdapat dalam riwayat lain dari Ibnu Umar RA,bahwa Rosulullah SAW dawuh:”رحم الله امرأ صلى قبل الظهر أربعا”.Artinya:”Semoga Allah mencurahkan kasih sayang-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang senantiasa menjaga sholat 4 rokaat sebelum dzuhur”.(HR Ahmad,Attirmidzi,Abu dawud,Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).Menurut Abu Dawud hadits ini Hasan,sedangkan menurut Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban  hadits ini Shohih.

 

Mudah2an kita semua di beri kekuatan dan pertolongan Allah ‘Azza Wa Jalla untuk senantiasa mengikuti sunah Nabi-Nya yang kita cintai ini..

 

BERSAMBUNG…Insya Allah..

Dukhan, 15 September 2011

About Paguyuban Keluarga Dukhan

Komunitas Masyarakat Indonesia di Dukhan - Qatar
Gallery | This entry was posted in Ustadz M.Fuady. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s