Film Indonesia di Doha Tribeca Film Festival 2011

by Tentangqatar.com
The-Raid-Movie-Wallpaper

Doha Tribeca Film Festival ketiga tahun ini berlangsung sejak tanggal 25 Oktober dan akan berakhir pada 29 Oktober. Festival yang pertama kalinya diadakan tahun 2009 ini, seperti tahun sebelumnya dipusatkan di Cultural Village atau lebih dikenal sebagai Katara. Lokasi pemutaran film festival adalah Katara Opera House, DFI Cinema, Katara Open Air Theatre dan Katara Screening Hall serta City Center Cinema.

Acara pembukaan di Katara Open Air Theatre semalam yang dihadiri oleh beberapa selebriti Hollywood ditandai dengan primier film Black Gold, maskot DTFF tahun ini. Sebuah film epik sejarah dengan latar belakang kisah drama dari Jazirah Arab pada tahun 1930. Film ini adalah adaptasi dari novel klasik karya Hans Ruesch, “The Great Thirst”. Pengambilan gambar dilakukan di dua lokasi, yaitu Tunisia dan Qatar. Film yang disutradarai penerima penghargaan Academy Award, Jean-Jacques Annaud ini dibintangi antara lain oleh aktor Antonio Banderas dan aktris Freida Pinto.
Bagi Indonesia, penyelenggaraan pada tahun ini menjadi lebih istimewa, karena salah satu film produksi Indonesia turut diputar , yaitu “The Raid”. Film action yang banyak menonjolkan seni beladiri asli Indonesia, Pencak Silat. Film berdurasi 100 menit ini pertama kali diputar pada Toronto Film Festival 2011 sebagai film pembuka di program “Midnight Maddness”.

Film yang banyak mendapat banyak pujian dari para penonton, sineas dan kritikus film ini oleh Toronto Review diapresasi sebagai One of the Best Action Movies in Years ! The Hollywood Reporter mengomentarinya sebagai “Ultra‐violent action movies don’t get much more exciting or inventive than this kick‐ass feature from Indonesia”. Bahkan “The Raid” sempat menjadi trending topik di twitter Kanada dan disebut sebagai “The Most Talked About Film”.
Sutradara film ini adalah Gareth Huw Evans yang berkebangsaan Wales dan berdomisili di Jakarta sejak tahun 2008, juga adalah sutradara film Merantau.

The Raid dibintangi oleh aktor yang juga pendekar silat, Iko Uwais yang juga menjadi pemeran utama di film Merantau. Mereka berkolaborasi untuk keduakalinya dan ingin memperkenalkan beladiri Pencak Silat di panggung sinema dunia. Aktor lain yang terlibat adalah Joe Taslim, Doni Alamsyah, Yayan Ruhian, Pierre Gruno, Ray Sahetapy dan Tegar Satrya.

Suasana Doha pada bulan Oktober sangat nyaman untuk dinikmati, menonton Festival Film di Katara adalah pilihan yang paling pas. Ditambah ada film Indonesia yang sangat layak untuk ditonton, dan belum diputar di Indonesia, karena baru akan dirilis Januari tahun 2012. Penasaran ? Berikut ini adalah jadwal pemutaran “The Raid” :

  •  Rabu, 26 Oktober, 08:30 PM, City Center Cinema, CC-4
  •  Jumat, 28 Oktober, 11:00 PM, DFI Cinema, Katara, DC-7

About Paguyuban Keluarga Dukhan

Komunitas Masyarakat Indonesia di Dukhan - Qatar
Gallery | This entry was posted in Seputar Qatar and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s