Pentingnya Listening Skill

Sebenarnya kata LISTENING SKILL  bukan lah kata kata yang asing di telinga kita, sudah sering kita mendengarnya, terutama bagi anda yang sering nonton acara Empat Mata yang di pandu oleh Mr.TUKUL  ARWANA , Mr. Tukul Arwana sering mengucapkan kata kata” LISTENING SKILL “dengan gaya mimiknya yang lucu dan gurauan dan kelakarnya yang segar. Beliau mengatakan bahwa “LISTENING SKILL  IS VERY- VERY IMPORTANT “. Yang biasanya langsung di sambut tawa spontan dari audience.

Sebegitu pentingkah  LISTENING SKILL   itu..???

Ini ada sedikit cerita joke dari teman, yang  saya sendiri belum tau pasti kebenarannya, tapi bisa kita ambil hikmahnya bahwa listening skill adalah sangat penting.

” Suatu pagi di sebuah kantor, ada seorang sekretaris yang mau lewat di depan Boss nya, Karena si sekretaris menghormati sang Boss,maka ketika lewat di depan nya si sekretaris mengucapkan ” EXCUSE ME BOSS..”. tanpa di duga oleh si sekretaris ,Boss nya langsung menciumnya.

Kontan saja si sekretaris mencak -mencak tidak terima dengan perlakuan Bossnya itu,selidik punya selidik ternyata Bossnya mendengar sekretarisnya mengucapkan “KISS ME  BOSS..” :D

Baiklah sobat  Qatar Menulis, saya akan berbagi sedikit cerita juga , yang lebih pantasnya saya sebut cerita pengalaman pribadi, karena memang benar -benar cerita ini saya alami sendiri.

Lazim nya di perusahaan- perusahaan biasanya di adakan check up kesehatan secara berkala untuk seluruh karyawan,yang bermaksud untuk mengetahui kondisi dan performance kesehatan seluruh karyawan.

Begitu juga di perusahaan dimana  saya bekerja, diadakan check up kesehatan untuk seluruh karyawan. Seluruh karyawan di haruskan untuk check up dari mulai tekanan darah, air seni, penglihatan , pendengaran, jantung , x-ray  bla..bla..bla.. dst.

Dan hasil akhir dari test kesehatan tersebut  akan dibaca dan di analisis oleh dokter,biasanya setelah  membaca hasil test kesehatan kita,dokter akan memberikan informasi dan saran kepada kita untuk perbaikan kesehatan kita apabila ada kekurangan-kekurangan di hasil check up tersebut.

Tiba Saatnya giliranku untuk  menghadap dokter , seperti biasa ketika masuk ku berikan salam. Dan kami duduk berhadap hadapan. Saat itu kuperhatikan dokter membaca file hasil check up saya, tapi tiba tiba dahinya mengernyit , entah karena saking fasihnya atau karena saking cepatnya yang kudengar dokter itu  spontan berkata: ” YOU MUST DIE..”

Kuperhatikan lagi wajah dokter itu untuk meyakinkan bahwa beliau sedang bercanda atau serius, tapi rupanya beliau memang sedang  tidak bercanda.

Sekejap itu juga pikiranku jadi negative thinking / bad thinking kepada sang dokter, dalam hatiku bergumam ” Sialan nih Dokter, bisa-bisanya memvonis mati seseorang, padahal urusan maut kan yang berhak memutuskan adalah Allah SWT..”

Belum sempat untuk ku mengumpat ke yang lainnya dokter itu berucap lagi ” You must eat more vegetables and fruits , and reduce meat, fat food consumption, and do exercise to reduce your body weight”.

Wallaah.., ternyata tadi dokter mengatakan ” YOU MUST DIET..” bukannya ” YOU MUST DIE” seperti yang ku dengar.

Akhirnya ku ucapkan terima kasih atas sarannya dan kuucapkan salam sebelum meninggalkan ruangan itu dengan senyum kecut, dan sesampainya di rumah kuceritakan semua kejadian lucu ini ke istriku. Kontan saja istriku tertawa terpingkal-pingkal.

Sobat  Qatar Menulis terlepas dari cerita yang sedikit lucu di atas , ternyata apa yang di ucapkan oleh MrTukul Arwana bahwa ” Listening Skill is very important” adalah benar. Terutama bagi anda-anda  yang bekerja dan berintraksi dengan berbagai macam bangsa, yang tentunya banyak sekali perbedaan dalam dialek, yang kadang kadang kita perlu waktu untuk menjadi familiar dengan apa yang di ucapkan oleh bangsa lain.karena tidak sedikit orang yang  cakap berbicara tetapi  kurang di listening skillnya.sehingga sering terjadi misscommunication, salah tanggap, bahkan bisa sampai berakibat fatal akibat dari ” POOR LISTENING SKILL”.


November 2011-11-04

Kang Hamdi

About Paguyuban Keluarga Dukhan

Komunitas Masyarakat Indonesia di Dukhan - Qatar
Gallery | This entry was posted in Seputar Qatar and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s