Loket KTKLN; Kini Dipindahkan Ke Terminal Keberangkatan Bandara Soetta

Makin Dekat Dan Memudahkan BMI

Delta, SH selaku Kepala BNP3TKI DKI Jakarta bersama dengan aparatnya, kemarin (1/8) yang menjadi awal bulan Ramadhan melakukan pembenahan. Dari hubungan ponsel menyebutkan pemindahan loket.

Bandara Soetta, Tangerang, Kabarindo- Tentu saja loket yang dimaksud adalah loket pengurusan KTKLN (Kartu Tanda Kerja Luar Negeri) yang menjadi Smart Card yang berisi seluruh data dari para Tenaga Kerja Indonesia atau sering disingkat BMI.

“Dulunya berada di pojok terminal kedatangan 2D dan saya pikir harus bisa menjangkau lebih banyak lagi TKI yang pulang untuk re-entry atau kontrak baru. KTKLN tentu saja penting untuk TKI dengan proteksi asuransinya sehingga dengan kepindahannya ke terminal keberangkatan 2D di Bandara Soetta ini bisa dimanfaatkan dengan baik,” jelas Delta, pria humble yang concern dengan para TKI.

Delta menjelaskan lebih lanjut bahwa loket KTKLN ini mudah, cepat dan GRATIS. “Jadi harus diketahui semua pihak bahwa Pemerintah RI memberikan KTKLN itu GRATIS dan yang dibayar hanyalah asuransinya sebagai proteksi/perlindungan untuk para TKI. Asuransinya itu adalah Rp. 290 rb untuk perpanjangan 2 tahun dan Rp. 170 rb untuk 1 tahun. Tak ada yang bisa dilayani untuk check in dan bisa ke luar negeri apabila tidak mengantongi KTKLN karena pihak BNP3TKI seluruh Indonesia telah berkoordinasi dengan pihak imigrasi, angkasa pura dan maskapai penerbangan lokal dan asing,” imbuhnya mantap.

Sementara itu di awal puasa ini aktivitas di kantor BNP2TKI MT Haryono untuk loket KTKLN BMI Taiwan tampak sepi hanya melayani 20-an pengurusan kartu saja. “Tidak seperti biasa mas yang bisa mencapai 40-an pemohon KTKLN mungkin karena hari pertama puasa. Yang jelas seperti standing banner yang terpasang, KTKLN itu gratis dan pelayanannya mudah dan cepat,” tegas salah seorang security yang sungkan untuk menyebut namanya.

Redaksi sesaat sebelum masuknya waktu Ashar berkesempatan memperoleh informasi tentang aktivitas BNP2TKI selama bulan Ramadhan ini. “Rencananya Kepala BNP2TKI, Jumhur bersama direktur lainnya mulai Rabu besok hingga 13 Agustus mendatang akan Safari Ramadhan ke Indonesia Timur. Sementara mempertegas moratorium per 1 Agustus kemarin sudah efektif berlaku dan tidak adalagi pengiriman TKI ke Arab Saudi,” papar Yama salah seorang staf Direktorat Sosialisasi dan Penempatan BNP2TKI.

Ada yang menarik saat redaksi menanyakan lagi tentang keberadaan asuransi asing dimana beberapa BMI itu sudah diasuransikan oleh majikan masing-masing atau BMI mengambil inisiatif untuk mengasuransikan diri dari asuransi Indonesia yang menjangkau Hong Kong.

“Hal ini masih dibicarakan intens dan nanti kita akan sosialisasikan bersama dengan pihak asuransi. Jelasnya untuk sekarang ini semua harus ikut asuransi yang ada di loket KTKLN dan itu sudah resmi ditunjuk pemerintah sesuai Permen yang ada,” tukas Delta sembari menitipkan salam untuk semua BMI yang sedang menunaikan ibadah puasa.

Paling tidak dengan kepindahan loket KTKLN yang makin dekat dengan BMI makin memudahkan dalam kepengurusannya.

Ayo miliki KTKLN……………!

sumber: kabarindo.com

About Paguyuban Keluarga Dukhan

Komunitas Masyarakat Indonesia di Dukhan - Qatar
Gallery | This entry was posted in Seputar Qatar and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s