Membuat KTKLN ala BP3TKI Batam

by Riskha

Pagi tadi sekitar pukul 9 a.m, saya ke kantor BNP2TKI Batam. Kantornya
terletak persis di samping PT.Panasonic Devices (beken di sebut dengan
Panasonic Sincom) dan tepat di persimpangan antara PT.TELKOM.

Sekilas lalu, tidak nampak kalau itu adalah kantor BNP2TKI Batam. bila
dilihat dari penampilan, sepertinya tidak cocoklah. Banyak rumput dan
alang-alang setinggi anak-anak, cat bangunannya aja udah pudar.
Apalagi dengan “Batu Prasasti” tempat nama bangunan itu, banyak huruf
yang copot, menggantung sehingga tidak lengkap penulisannya.

Sekitar pukul 9 a.m itu,saya masuk dan bertanya dengan sekuriti,apakah
kantor udah buka. Sekuriti malah menjawab, “cek aja ke dalam,udah buka
apa belum” dengan ramahnya dan sambil berjalan menemani.
Lho, sekuriti aja gak tau kantor udah buka apa belum. Hehehe….

Masuk ke ruang pembuatan KTKLN, di sambut oleh 3 petugas yang pasang
muka tanpa senyum.
Masih dengan raut muka tanpa senyum, satu dari mereka meminta copy
paspor depan & belakang, copy visa & kontrak kerja serta KTP Asli.
Karena saya berangkat 1 bulan lagi, dia sedikit tanya-tanya ttg negara
tujuan sama ehm….ehm…gaji saya.
Saya jawab sekenanya, tapi ternyata dia cocokkan dengan yang tertulis
di kontrak kerja.

Sepertinya si petugas sambil cek internet, lantas berkata
“wah…mantap juga ya pak gajinya. bisa simpan sekian juta sebulan.
bolehlah…kita-kita di traktir” sambil kedip-kedip mata dan
tersenyum.

WHAT?
Setelah tau gaji & negara tujuan, baru dia senyum & berbalik sangaaaaat ramah.
Kawannya pun tak kalah heboh, ikut menimpali “Eh kau, cepatlah sikit
kerjanya. biar cepat jadi, kita pun di kasih uang sarapan”.
Masya allah, ucap saya sambil senyum kecut.

Kartu KTKLN jadi setelah 1 jam, dan saya “sepertinya ikhlas” memberi
15rb yang di jawab singkat “HUH !”
hahaha…gantian saya yang tertawa mendengarnya

About Paguyuban Keluarga Dukhan

Komunitas Masyarakat Indonesia di Dukhan - Qatar
Gallery | This entry was posted in Seputar Qatar and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s