Dukhan Diguyur Hujan Beneran Lho!

foto by ani ismaya

by Sugeng Bralink

Menikmati derasnya air hujan atau sekedar hujan rintik-rintik di gersangnya padang pasir boleh dibilang hanya sekedar mimpi. Kalaupun hujan itu turun, paling-paling hanya hujan rintik-rintik dan dalam setahun hanya turun semingguan.

Suhu bumi dari tahun ke tahun terus meningkat seiring dengan terjadinya isu global warming. Hal ini tak lain akibat ulah manusia. Baik karena penggunaan bahan-bahan penghasil karbon. Dengan kata lain, penduduk bumi makin tidak ramah dengan lingkungannya.

Yang namanya padang pasir, yang sering terjadi adalah badai. Badai debu atau badai pasir biasanya datang ketika akan terjadi perubahan cuaca atau suhu udara. Dari musim panas ke musim dingin. Ataupun sebaliknya. Badai debu akan terbawa oleh angin yang sangat kencang. Suaranya pun tak kalah kencang dengan kencangnya angin itu.

Hari ini di Indonesia [khususnya di kota-kota besar] merupakan hari kedua terjadinya hujan protes (demonstrasi) besar-besaran rakyat Indonesia. Hujan demo penolakan kenaikan harga bensin bersubsidi dari harga sebelumnya 4500 rupiah menjadi 6000 rupiah. Dimana protes sebelumnya terjadi pada tanggal 27 Maret 2012.

Lain di Indonesia lain di Qatar. Di Qatar khususnya di kota Dukhan, pagi ini diguyur derasnya badai debu pasir. Tak berapa lama setelah badai debu pasir, tiba-tiba angin berhenti dan berganti dengan guyuran rintik hujan. Udara yang tadinya begitu kotor dengan debu yang berterbangan, dalam sekejap menjadi udara yang segar lagi.

Di sore harinya selepas sholat ashar, tiba-tiba langit menjadi gelap. Suara geludug mulai terdengar. Kilat pun mulai menyambar-nyambar. Sungguh sebuah keadaan beda dari tahun tahun sebelumnya. Semoga hujan ini merupakan curahan keberkahan dari Yang Maha Kuasa.

Semoga masyarakat Indonesia yang sedang memperjuangkan agar harga BBM tetap dapat membuahkan hasil. Semoga hujan yang turun di negeri kaya minyak ini menjadi penyubur tanah dan memberikan keberkahan pada bumi padang pasir ini.

Dukhan, 30 Maret 2012

About Paguyuban Keluarga Dukhan

Komunitas Masyarakat Indonesia di Dukhan - Qatar
Gallery | This entry was posted in Seputar Qatar and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s