Knowledge Sharing is Unlimited!

Image

by Sugeng Bralink | iffdukhan

Menuntut ilmu itu memang tiada batas. Ilmu tak akan pernah selesai untuk digali. Semakin digali semakin sedikit ilmu yang sudah kita ketahui.

Berbicara tentang ilmu tak akan ada habisnya. Bahkan ilmu yang bermanfaat termasuk juga satu dari tiga amal jariyah. Berbagi ilmu merupakan sebuah amalan yang hasilnya bisa terus kita petik hingga hari sesudah berakhirnya dunia ini.

Atas inisiatif seorang warga dukhan, maka pagi ini terselenggara acara inhouse lecture terkait dengan proses pengeboran atau drilling. Acara ini berlangsung di Black Gold Hall, Jinnan Recreation Center dengan mengambil topik Well Head Training. Kalau bicara bangku kuliah atau sekolah, tentu training ini tidak cukup diselenggarakan dalam waktu yang singkat. Makanya acara pagi ini hanya berbicara dan berdiskusi tentang pengenalan atau introduksi tentang well head.

This slideshow requires JavaScript.

Jumlah pesertanya pun sangat luar biasa. Setelah di release infonya sejak bulan lalu, sampai pagi ini jumlah pendaftar menembus lebih dari 50 peserta. Tapi karena alasan shift kerja dan acara keluarga lainnya maka yang datang sedikit berkurang dari total pendaftar.

Mengawali training internal pagi ini, Pak Djoko Mulyono membawakan topik tentang Petroleum for Non Petroleum People. Dan dilanjutkan dengan topik Introduction to Drilling Equipments. Dua jam berlangsung rasanya sangat cepat berlalu. Banyaknya pengalaman Trainer, memudahkan peserta training untuk memahami tentang dasar-dasar pengeboran dengan berbagai peralatannya yang sangat rumit.

IFF Lecturers

Sesi pertama berbicara mengenai Introduction to petroleum industry, history of petroleum industry, rock properties, petroleum exploration, acquisition petroleum right, drilling hydrocarbon, field development, oil treatment & storage dan oil transmission & shipping system. Kemudian sesi kedua yang  juga dibawakan oleh Pak Djoko memaparkan tentang Rig & types, hoisting equipment, rotating equipment, mud circulation, drill pipe & borehole assembly, safety equipment dan rig facilities.

Diselingi break 15 menitan, acara berlanjut dengan presentasi yang disampaikan oleh Pak Soegeng Priyanto. Sesi ketiga mengambil topik tentang Drilling process. Dan di sesi terakhir berdiskusi tentang Well services/ Rigless activity yang dibawakan oleh Pak Muhammad Raflin.

Acara yang terbilang cukup singkat jika dibandingkan dengan luasnya topik yang dibicarakan, berlangsung sangat menarik. Disamping diisi presentasi dari para mentor, acara ini juga berisi tanya jawab. Di akhir acara, para peserta mengharapkan agar acara ini bisa berkelanjutan. Banyak yang mengusulkan agar acara ini bisa berjalan minimal sebulan sekali. Direncanakan dalam pertemuan berikutnya akan bicara lebih dalam mengenai kelanjutan topik-topik diatas. Nantinya akan dikupas lebih mendalam.

Knowledge Sharing is Unlimited! Siapa yang berbagi ilmu tak akan pernah merugi atau berkurang ilmunya, si pembagi ilmu akan beruntung bahkan ilmunya akan semakin bertambah.

Dukhan, 2 Juni 2012

About Paguyuban Keluarga Dukhan

Komunitas Masyarakat Indonesia di Dukhan - Qatar
Gallery | This entry was posted in Workshop & Training and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s