Ustadz Dr.Agus Setiawan,MA: Dengan berbaik sangka akan memunculkan energi positif

image

by Sugeng Bralink

Sebagai rangkaian kegiatan idul adha 1433, IMSQA PERMIQA dan IFF Dukhan mengadakan kajian bersama Ustadz Agus Setiawan, MA. Seorang pakar hadits lulusan Al-Azhar University Kairo tahun 1999. Beliau juga seorang Master lulusan Fakultas Ushuludin dari Omdurman Islamic University of Sudan pada tahun 2003. Di tahun 2009, beliau meraih gelar doktor di bidang fiqih hadits dari National University of Malaysia.

Kajian malam ini bertempat di JRC Hall QP Dukhan. Mengambil tema “Hak muslim terhadap muslim lainnya.

image

Ada tiga hal pokok hak muslim terhadap muslim lainnya yaitu:
1. Berbaik sangka
Hendaknya sebagai seorang muslim yang baik haruslah senantiasa berprasangka baik kepada saudaranya sesama muslim. Dengan mengedepankan prasangka baik atau positive thinking maka akan timbul energi positif. Allah swt mengingatkan dalam alqur’an surat al hujurat ayat 10 “Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.”

2. Baik secara ucapan
Kepada saudara muslim hendaknya kita berkata jujur. Kejujuran akan membuahkan kepercayaan. Sebaliknya dusta akan menumbuhkan dusta-dusta selanjutnya dan akan timbul perpecahan. Selain jujur, ucapan kepada saudara muslim yang lain juga harus disampaikan dengan cara yang baik. Sebagus apapun pesan yang akan disampaikan akan bermakna buruk jika cara penyampaiannya tidak dengan baik. Orang yang jujur juga akan dibimbing Allah untuk menggapai surgaNya. Pesan yang disampaikan tidak dengan baik akan menghasilkan sesuatu yang kontraproduktif.

image

3. Berbuat baik kepada saudara kita dengan perbuatan kita.
Dalam sebuah hadits rasulullah riwayat imam muslim no.4023,

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ وَقُتَيْبَةُ وَابْنُ حُجْرٍ قَالُوا حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ وَهُوَ ابْنُ جَعْفَرٍ عَنْ الْعَلَاءِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ قِيلَ مَا هُنَّ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ

Hak seorang muslim terhadap seorang muslim ada enam perkara. Lalu beliau ditanya; ‘apa yang enam perkara itu ya Rasulullah? ‘Jawab beliau: (1) bila engkau bertemu dengannya, ucapkanlah salam kepadanya. (2) bila dia mengundangmu, penuhilah undangannya (3) bila dia minta nasihat, berilah dia nasihat (4) bila dia bersin lalu dia membaca tahmid, doakanlah semoga dia beroleh rahmat (5) bila dia sakit, kunjungilah dia (6) dan bila dia meninggalkan, ikutilah mengantar jenazahnya ke kubur.’

Demikian kajian malam ini bersama ustadz agus setiawan. Beliau berpesan juga agar kita tidak terjebak dalam ranjau-ranjau silaturrahim. Diantaranya yaitu tidak adanya respon baik dari saudara yang kita kunjungi, kemudian yang kedua adalah kita mendapatkan sesuatu yang buruk dari saturrahim itu.
Wallahu a’lam bisshowab

Dukhan, 1 November 2012/ 16 Dzulhijnah 1433H

About Paguyuban Keluarga Dukhan

Komunitas Masyarakat Indonesia di Dukhan - Qatar
This entry was posted in Seputar Qatar and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s