Jadi Ustadz Yukkk!!! Bagian 1

jadi ustadz yuk1by Muhammad Yasin Ismaya

Ustadz adalah sebuah kata dalam bahasa Arab yang artinya guru dalam bahasa Indonesia, ini berarti seseorang yang mengajarkan sesuatu bidang pendidikan kepada murid2nya.

Kata ustadz biasa dipakai untuk guru2 dilingkungan pesantren, madrasah atau ditempat2 pengajian. Sehingga kata ustadz ini sangat dekat hubungannya dengan agama Islam walaupun tidak mesti semua yang dipanggil ustadz dipesantren itu adalah mengajarkan ilmu dibidang agama Islam bisa jadi mereka mengajar matematika atau olahraga misalnya.

Di Indonesia khususnya dikota2 besar seperti dikota asalku DKI Jakarta akan mudah kita jumpai sekolah2 Islami yang menyediakan program2 pendidikan umum dan dipadu pendidikan agama Islam.

Maka bagi para orang tua yang menginginkan anak2nya mempunyai dasar pengetahuan umum serta mempunyai pengetahuan tentang agama Islam secara seimbang hanya tinggal menyediakan biaya sekolah bagi anak2 mereka dan memilihkan sekolah yang cocok bagi tujuan dan cita2 keluarga mereka saja maka insyaAllah hasil nya akan mereka terima sesuai dengan target.

Namun tidak demikian dengan kami. Kami yang telah diberikan kesempatan untuk tinggal dan mengais rezeki di Qatar sejak empat tahun yang lalu merasakan sangat berbeda sekali.

Dukhan Qatar tempat kami tinggal, baru menyediakan dua sekolah yang lokasinya tidak jauh dengan tempat kami tinggal yaitu Arabic School dan Dukhan English School.

Pilihan kedua itulah yang kami pilih untuk menyekolahkan anak2 kami karena berada dilingkungan tempat kami tinggal dan lebih lengkap fasilitas sekolahnya namun disekolah ini tidak diajarkan pendidikan agama Islam. Walaupun ada juga seorang mutawwa (petugas adzan) berasal dari Indonesia yang mau mengajar mengaji kepada anak2 dan juga TPA yang dibentuk oleh para ibu2 warga Indonesia namun itupun dirasa tidak maksimal karena begitu banyaknya anak2 Indonesia yang ikut mengaji.

Maka perlunya peran kami sebagai orangtua untuk mengajarkan pendidikan agama Islam tambahan kepada anak2. Jadilah aku dan istriku sebagai Ustadz bagi anak2 kami. Setiap ba’da maghrib kami tuntun anak2 kami untuk mengaji Alqur’an dan membantu mereka untuk menghafalkannya ayat demi ayat.

Sekali waktu kami beri tambahan kepada mereka tentang hadits2 nabi, ilmu fiqih dan juga nasehat2 agar mereka selalu bertaqwa kepada Alloh dan rajin beribadah.

Tidak hanya itu pada saat libur sekolah, kami ajarkan mereka berolahraga agar sehat dan kuat karena mu’min yang kuat akan lebih dicintai Allah SWT . Bermain bola serta badminton adalah olahraga yang biasanya kami lakukan bersama anak2 karena dengan permainan2 tersebut bukan hanya sehat dan kuat yang akan mereka dapat tapi merekapun dapat menggunakan keterampilan itu untuk berprestasi dan juga untuk menambah kepercayaan diri dalam pergaulan.

Kesempatan menjadi ustadz ini sangat kami syukuri. Karena dengan kesempatan ini kamipun jadi berusaha untuk lebih banyak belajar dan mengintrospeksi diri.

Seandainya seluruh keluarga muslim Indonesia semuanya berusaha menjadi ustadz untuk anak2 mereka pasti Amerika dan Israel bilang “Woow gitu kali ya!!” renungku dalam hati.

Kami sadar masih begitu banyak kekurangan yang kami rasakan untuk menjadi ustadz yang baik bagi kalian anak2ku. Namun InsyaAllah kami akan terus berusaha sebaik mungkin untuk menjadikan kalian terus dekat kepada Allah SWT hingga menjadi pejuang agama Islam dan penerus bangsa yang dapat diandalkan dikemudian hari nanti, Amin.

Dukhan Qatar 18 November 2012.

About Paguyuban Keluarga Dukhan

Komunitas Masyarakat Indonesia di Dukhan - Qatar
This entry was posted in Oase Iman and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s